QCC (QUALITY CONTROL CIRCLE) / GKM (GUGUS KENDALI MUTU)

Pelatihan QCC/GKM kompetensi peserta pelatihan akan dikembangkan maksimal dengan titik berat pada pengenalan dan pengembangan Metodologi “Problem Solving” (Penyelesaian Masalah), Kepemimpinan (Leadership) dan Tim Kerja (Team Works).

Pada akhirnya Pelatihan Peningkatan Kualitas terpadu, dengan aplikasi Gugus Kendali Mutu ini akan mengembangkan Motivasi kerja karyawan secara sistemik, dan berdampak pada kinerja karyawan secara menyeluruh, serta peningkatan kesejahteraan pekerja yang berlaku paralel dengan peningkatan kinerja.

Diharapkan setelah mengikuti Pelatihan Gugus Kendali Mutu ini, peserta pelatihan akan memberikan kontribusi dalam pengembangan kualitas dan produktivitas perusahaan melaui sistem aktivitas pengembangan mutu secara berkelompok dan terus – menerus yang menghasilkan mutu pada semua aktivitas kerja yaitu:

  • Kualitas Proses Produksi
  • Kualitas Produk yang dihasilkan
  • Kualitas Perbaikan Biaya
  • Kualitas Pengiriman kepada konsumen
  • Kualitas Keselamatan Kerja
  • Kualitas Moral Karyawan dalam bekerja

Sasaran Pelatihan

    • Memiliki kesadaraan akan adanya problem di tempat
    • Memahami dan dapat menggunakan 7 alat bantu statistik (Check list, Stratifikasi, Ichikawa Diagram, Pareto Diagram, Pareto Diagram, Scatter Diagram, Control Chart dan Histogram)
    • Dapat menggunakan metode problem solving PDCA 7 Step
    • Mengevaluasi manfaat QCC untuk diri sendiri dan perusahaan
    • Membuat Presentasi dan mempresentasikan Hasil GKM (QCC)

Materi Pelatihan

    • Mentalitas Dasar ber-GKM
    • Sevens Statistic Tools
    • Pemecahan Masalah dengan PDCA-7 Langkah Tehnik Pembuatan Risalah GKM
    • Teknik Presentasi Risalah GKM

GARIS BESAR PELATIHAN

    • Konsep Total Quality Management & QCC
    • Membentuk dan memimpin TIM QCC
    • Proses Pemecahan Masalah (Daur PDCA)
    • Analisa masalah yang layak di jadikan tema QCC
    • Menganalisa data untuk mendapatkan baseline prioritas dan critical to process (CTP)
    • Menganalisa akar penyebab untuk mengidentifikasi faktor penyebab kritis
    • Menyusun rencana perbaikan yang smart
    • Melakukan perbaikan seseuai prinsip : Low cost, low effort, low risk, dan high impact
    • Memastikan hasil perbaikan efektif dan mengukur dampak dari perbaikan yang dilakukan
    • Menstandarkan aktivitas perbaikan
    • Tools dalam penerapan QCC :
    • Stratifikasi;
    • Lembar Data;
    • Grafik;
    • Diagram Pareto;
    • Histogram;
    • Diagram Tulang Ikan;
    • Scatter Diagram
    • Teknik Presentasi & Peranan Fasilitator PDCA

Target Peserta

    • Para pemimpin perusahaan yang akan menerapkan TQC/QCC (GKM)
    • Para Supervisor yang akan memperdala pengetahuannya dalam penerapan GKM
    • Karyawan yang diarahkan perusahaan untuk menerapkan PDCA dan 7 tools.
    • Manager, Supervisor, Superintendent, Staff yang ingin meningkatkan kompetensinya.
    • Mahasiswa & Lulusan D1/D2/D3/D4/S1 Segala Jurusan

Metodologi Pelatihan

    • Ceramah
    • Diskusi
    • Praktek
    • Praktek Pengenalan Masalah :
    • Praktek Merumuskan Masalah
    • Praktek Menyelesaikan Masalah dengan 7 Langkah dan 7 Alat Bantu
    • Praktek Membuat Risalah
    • Business Games

 

Fasilitas:

      • Sertifikat
      • Modul Training
      • Meeting Room Hotel
      • Coffee/Tea Break
      • Lunch
      • Experience and Qualified Trainer

 

Untuk detail informasi dapat mengakses website ABISHA Consulting di www.abisha.co.id atau dapat menghubungi PIC Anwar di No tlp 031.3123.5000/ 0856.553.29157; email: anwar@abisha.co.id

 

GUNAWANGSA Office Tower, 17th Floor. Suite B.1701

Jl. Menur Pumpungan No. 62. Surabaya 60118
Telp. 031.3123.5000 HP.0856.553.29157
Email. info@abisha.co.id

Email. anwar@abisha.co.id

Website. www.abisha.co.id