How to Be Successful in Life

MENCAPAI SUKSES EKSTERNAL

  1. Mengidentifikasi gairah hidup Anda. Sebelum Anda dapat mencapai sukses, Anda akan harus mendefinisikan arti kesuksesan bagi Anda . Walaupun mungkin waktu bertahun-tahun untuk menyadari apa yang ingin Anda lakukan dengan hidup Anda, mengidentifikasi gairah , minat , dan nilai-nilai akan membantu Anda menetapkan tujuan dan memberikan hidup Anda rasa makna . Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut :
  • Apa yang Anda ingin Anda wariskan?
  • Bagaimana Anda ingin dikenang oleh orang lain?
  • Bagaimana Anda ingin membuat komunitas Anda tempat yang lebih baik ?
  • Apa pelajaran yang Anda minati ?
  1. Buatlah daftar tujuan Anda, dan apa yang mungkin Anda lakukan untuk mencapainya. Pastikan untuk mengatasi kedua tujuan jangka pendek dan jangka panjang; mencoba untuk berpikir di luar tujuan keuangan / karir .
    • Pertimbangkan yang subyek Anda menikmati belajar, dan mengapa . Hal ini dapat membantu memberikan gambaran tentang apa yang Anda mungkin terbaik di atau lebih tertarik
  2. Hidup mempunyai tujuan. Dalam rangka untuk mencapai impian Anda dan menjadi orang yang Anda inginkan. Anda akan harus mulai memperhatikan tindakan Anda. Tanyakan pada diri Anda, adalah apa yang saya lakukan akan membawa saya ke mana saya ingin berada dalam hidup ?
    • Jika Anda menemukan diri Anda terus-menerus bosan, melamun tentang masa depan atau masa lalu atau menghitung mundur menit sampai hari berakhir, itu mungkin karena Anda merasa terputus dari apa yang Anda lakukan. Mempertimbangkan perubahan karir atau jurusan untuk bidang yang Anda peduli tapi ingat bahwa itu bisa berarti perubahan yang Anda tidak memikirkan. Apakah pekerjaan yang cukup membayar untuk mendukung diri sendiri? Apakah itu sesuatu yang mungkin akhirnya membuat Anda bosan? Apakah saya benar-benar ingin berkomitmen untuk pekerjaan itu?
    • Menghargai waktu Anda. Cobalah untuk menghabiskan waktu luang Anda melakukan hal-hal yang Anda gemari, daripada membuang-buang waktu . Sebagai contoh, daripada menghabiskan akhir pekan Anda menonton televisi , menghabiskan mereka mengambil bagian dalam hobi atau menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai .
    • Ingatlah bahwa konsep ” waktu yang terbuang” itu relatif. Tidak semua yang Anda lakukan harus produktif dalam arti konvensional , tetapi harus menarik dan menyenangkan .
  3. Jadilah berpendidikan. Pendidikan memberikan pengetahuan, keterampilan , dan kredibilitas untuk mencapai potensi maksimal Anda. Dalam hal kesuksesan finansial, statistik telah menunjukkan bahwa pendidikan yang Anda miliki (yaitu tingkat yang lebih tinggi Anda mencapai) , semakin banyak uang yang bisa Anda hasilkan.
    • Pada tahun 2014, pendapatan bulanan rata-rata untuk lulusan SMA adalah Rp 2500000, sementara mereka dengan gelar sarjana dibuat Rp 4000000 . Pada tahun yang sama , orang-orang dengan master atau doktor dibuat Rp 7000000 dan Rp 15000000 .
    • Tidak semua pendidikan harus formal. Magang dan program pelatihan jangka panjang juga berkorelasi positif dengan pendapatan yang lebih tinggi .
  4. Mengelola keuangan Anda. Belajar bagaimana mengelola uang Anda akan membantu memastikan stabilitas keuangan Anda dari waktu ke waktu , terlepas dari pendapatan Anda .
    • Melacak pengeluaran Anda. Tinjau laporan bank Anda dan perhatikan di mana Anda menghabiskan uang Anda. Jika Anda melakukan perbankan online, pastikan untuk menyimpan catatan pribadi juga. Ini akan membantu Anda mencegah over- pengeluaran dan memastikan bahwa laporan bank Anda sudah benar.
    • Memahami penghasilan Anda. Saat menghitung penghasilan Anda, pastikan untuk memperhitungkan pajak yang akan dipotong dari gaji kotor Anda . Jumlah yang dihasilkan adalah Take Home Pay Anda.
    • Prioritaskan belanja. Prioritas pertama Anda harus menghabiskan uang untuk kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan pakaian. Jangan menghabiskan uang untuk kemewahan seperti pakaian mahal, mobil, atau liburan sampai Anda sudah terlebih dahulu puas kebutuhan dasar Anda. Jujurlah dengan diri sendiri dan membedakan antara kebutuhan dasar dan kemewahan Anda .
    • Simpan uang. Setiap bulan, Anda harus menyetor uang Anda ke rekening tabungan.
  5. Mengelola waktu Anda. Menunda tugas-tugas penting sampai menit terakhir dapat menyebabkan Anda stres yang tidak perlu, dan meningkatkan kemungkinan kesalahan. Mengatur waktu Anda sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas secara efektif .
    • Gunakan kertas atau perencana elektronik untuk membantu Anda tetap terorganisir sepanjang hari, minggu, dan bulan.
    • Buatlah daftar semua hal yang perlu Anda lakukan di hari tertentu , dan periksa dari setiap tugas yang Anda menyelesaikannya . Ini akan membantu Anda tetap terorganisir dan termotivasi .

MENCAPAI SUKSES INTERNAL

  1. Nikmati saat ini. Jika Anda terus-menerus memikirkan masa lalu atau melamun tentang masa depan, Anda akan kehilangan pada saat ini. Ingatlah bahwa masa lalu dan masa depan hanyalah ilusi, dan bahwa kehidupan nyata terjadi di sini dan sekarang .
    • Mulai memperhatikan pikiran negatif sehingga Anda dapat belajar untuk membungkam mereka dan menikmati saat ini. Jika pikiran negatif muncul di kepala Anda, kemudian mengakuinya, label pikiran negatif, dan kemudian membiarkannya memudar .
    • Biasakan untuk memperhatikan detail-detail kecil di sekitar Anda. Menghargai perasaan matahari pada kulit Anda, sensasi kaki Anda berjalan di tanah, atau karya seni di restoran yang Anda makan. Menyadari hal-hal seperti ini akan membantu Anda membungkam pikiran bertele-tele dan menghargai setiap saat waktu Anda.
  2. Jangan bandingkan kehidupan Anda sendiri dengan kehidupan orang lain. Sayangnya, banyak orang mengukur keberhasilan mereka sendiri dengan membandingkannya dengan keberhasilan orang di sekitar mereka. Jika Anda ingin merasa dicapai dan bahagia, Anda harus berhenti membandingkan hidup Anda dengan kehidupan orang lain.
    • Banyak orang memiliki kecenderungan untuk membandingkan titik rendah dari kehidupan mereka sendiri dengan poin yang tinggi dari kehidupan orang lain. Ingat bahwa tidak peduli seberapa sempurna kehidupan seseorang mungkin tampak, di balik pintu tertutup semua orang berhubungan dengan tragedi, ketidakamanan , dan kesulitan lainnya .
    • Daripada membandingkan diri Anda dengan orang-orang yang “lebih baik” daripada Anda, berpikir tentang semua orang-orang yang kehilangan tempat tinggal, sakit kronis, atau hidup dalam kemiskinan. Ini akan membantu Anda menghargai apa yang Anda miliki daripada mengasihani diri sendiri .
  3. Hitung berkat Anda. Tidak peduli berapa banyak Anda capai dalam hidup, Anda akan selalu merasa bahagia jika Anda terus-menerus berfokus pada apa yang tidak Anda miliki. Sebaliknya, mencurahkan waktu setiap hari untuk menghargai hal-hal yang Anda miliki. Berpikir di luar item material; menghargai orang yang Anda cintai, dan ingat kenangan indah .

METODE

Pembahasan konsep, diskusi kasus, quiz, role play

WAJIB DIIKUTI OLEH

  • Fresh Graduated SMU/SMK
  • Mahasiswa dan lulusan Universitas/Akademi
  • Seluruh Karyawan dan Jajaran Manajemen Perusahaan/instansi