Handwriting Analysis (Grafologi)

Grafologi, atau analisis tulisan tangan, merupakan alat yang sangat berharga untuk mengungkap kepribadian. Ini menunjukkan bagaimana seorang calon benar-benar berpikir, membuat keputusan, dan merencanakan atau menyelenggarakan kegiatan. Juga menunjukkan seberapa tekun dia, apakah dapat diharapkan, dan apa jenis pekerjaan yang terbaik baginya. Ini juga menunjukkan keterampilan sosial dan menggali ketakutan, pertahanan diri, dan beberapa masalah lainnya. Sebagai tambahan untuk teknik screening lain, tentu grafologi akan memberikan banyak sekali informasi tambahan yang dinyatakan tidak dapat diperoleh dengan alat screening lainnya. Tentu saja, untuk memahami kemampuan tersebut secara mendalam, akan membutuhkan waktu belajar yang tidak sebentar, meski begitu dalam workshop ini, Anda akan diajarkan dan dilatih kemampuan menganalisis tulisan tangan untuk merekrut karyawan terbaik setiap saat. Anda akan belajar menemukan karakteristik asli calon karyawan, baik tanda kesuksesannya di posisi yang sesuai, ataupun area-area masalah (kekurangan) dirinya yang bisa meng-eliminasi dia dari calon karyawan yang kita harapkan.

Training Grafologi ini akan mengajarkan Anda keterampilan yang sangat jarang dimiliki oleh manajer, HRD, dsb. Setelah Anda memahami ilmu ini dalam merekruit dan menseleksi calon karyawan (serta menempatkannya pada posisi yang sesuai), saat itu pula Anda akan menemukan bahwa Anda telah memiliki keunggulan kompetitif tersendiri. Anda akan tahu dengan pasti mana kandidat yang tepat dan mana kandidat yang harus di hindari. “The right man in the right place”.

Sasaran pelatihan

Dengan mengikuti Training Grafologi ini diharapkan:

  1. Peserta dapat melakukan Pre-employment, yaitu memeriksa dan mengkategorikan lamaran ke dalam prioritas
  2. Peserta dapat membentuk tim dan kinerja tim serta resolusi konflik
  3. Peserta dapat menganalisa bakat tersembunyi yang terdapat dalam pegawainya.
  4. Peserta dapat memberikan penilaian manajemen dalam rangka menentukan calon manjemen yang potensial.
  5. Bagi pimpinan maupun manajer, dapat berguna untuk mendeteksi kemungkinan masalah yang akan ditimbulkan oleh calon pegawai maupun pegawai (tingkat kepercayaan yang terlibat dengan masalah uang, keamanan dokumen).
  6. Peserta dapat melakukan analisa perbandingan untuk memberikan penilaian kemungkinan penipuan atau kecenderungan berbohong
  7. Peserta dapat melakukan bimbingan mengenai bidang pendidikan dan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian.
  8. Peserta dapat memberikan gambaran mengenai diri sendiri agar dapat lebih mengenal dan mengembangkan diri.

Outline:

  1. Mengenal grafologi
  2. Aplikasi grafologi
  3. Hubungan grafologi dan kepribadian
  4. Tes Kasus & Uji bakat grafologi
  5. Aplikasi grafologi dalam perusahaan
  6. Job profiling dengan metode grafologi
  7. Latihan penyusunan laporan untuk keperluan perusahaan