Indonesia

INDONESIA

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) adalah organisasi kemasyarakatan independen yang anggotanya terdiri dari komunitas-komunitas masyarakat adat dari berbagai pelosok nusantara. AMAN merupakan wadah perjuangan bersama masyarakat adat untuk menegakkan kedaulatan masyarakat adat secara politik, kemandirian secara ekonomi dan untuk bermartabat secara budaya.
http://www.aman.or.id/

Business Watch Indonesia (BWI) adalah sebuah lembaga nirlaba riset dan advokasi yang berdiri di Surakarta pada September 2002 sebagai kristalisasi gagasan mengenai demokratisasi kekuasaan bisnis yang telah didiskusikan. BWI memperkenalkan cara pandang baru tentang pembaruan demokrasi khususnya dalam praktek kekuasaan bisnis.
www.fair-biz.org

Corporate Forum for Community Development (CFCD) merupakan sebuah forum yang digagas dan dibentuk 15 perusahaan para peserta Short Course Community Development for Company yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Wilayah dan Perkotaan (PUSWIKA) – Universitas Indonesia tahun 2002. Forum ini bersifat independen dan dibentuk sebagai wadah bagi para Community Development Officer (CDO) untuk mengembangkan pengetahuan dalam bidang pengembangan masyarakat dan membangun jejaring dengan lembaga lintas sektoral seprti LSM, pemerintah dan universitas. .
http://www.cfcdcenter.or.id

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasif dhuafa. Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar Bagir, S. Sinansari Ecip, dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri lembaga independen Dompet Dhuafa Republika.
http://www.dompetdhuafa.or.id/

GreenPeace Asia Tenggara merupakan posisi kunci untuk menentukan keamanan lingkungan global. Selama 30 tahun terakhir, Greenpeace telah suskes berkampanye di negara-negara industri untuk mengurangi dan menghapuskan polusi dan degradasi lingkungan. Tetapi, usaha-usaha dan capaian ini dapat dengan mudah diputarbalikkan pada saat perusahaan-perusahaan multinasional tersebut tetap mengekspor teknologi kotor yang mengakibatkan penurunan dampak lingkungan di wilayah ini. Dengan demikian, setelah penjajakan bertahun-tahun dan berkampanye di negara-negara kunci, akhirnya Greenpeace berhasil membuka kantor di wilayah ini. Greenpeace Asia Tenggara sercara resmi didirikan pada tanggal 1 Maret, tahun 2000.
http://www.greenpeace.org/seasia/id/

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) merupakan organisasi profesi terdepan dalam pengembangan pengetahuan dan praktik akuntansi, manajemen bisnis dan publik, yang berorientasi pada etika dan tanggung jawab sosial, serta lingkungan hidup dalam perspektif nasional dan internasional.
http://www.iaiglobal.or.id/

Indonesia Business Links (IBL) is a not-for-profit foundation and it was established in the wake of the Indonesian economic crisis. A major aim of the organization is to contribute towards the creation of sound and ethical business practices in the country. The organization is an affiliate of the Prince of Wales International Business Leaders Forum (known also as PW-IBLF or IBLF).
http://www.ibl.or.id/

Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD) adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh banyak pihak untuk mendorong terjadinya proses sinergis dalam implementasi pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia.
http://www.icsd.or.id

Indonesia Mining Association (IMA) is a non-governmental, non-political, non-profit organization established in accordance with the laws of the Republic of Indonesia. The headquarters and registered office of the association shall be situated within Jakarta. The association serves as a link between Government and the mining industry, organizing lectures, seminars and training activities for the members, organizing periodic conference on mining in Indonesia, publishes proceedings and mining information, and represents the Indonesian mining industry at national and international meetings.
http://www.ima-api.com

Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) adalah jaringan organisasi non pemerintah (ornop) dan organisasi komunitas yang memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah HAM, gender, lingkungan hidup, masyarakat adat dan isu-isu keadilan sosial dalam industri pertambangan dan migas.
http://www.jatam.org/

KADIN Indonesia merupakan wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia, antara para pengusaha Indonesia dan pemerintah, dan antara para pengusaha Indonesia dan para pengusaha asing, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, perindustrian, dan jasa dalam arti luas yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi, dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih, transparan dan profesional, serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi nasional.
http://www.kadin-indonesia.or.id/

Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat adalah organisasi advokasi kebijakan yang berdiri sejak Agustus 1993 di Jakarta. Untuk mencapai tujuannya, ELSAM melakukan usaha-usaha sebagai berikut: (1) Melakukan pengkajian terhadap kebijakan-kebijakan (policies) dan atau hukum (laws and regulations), penerapannya, serta dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomis, dan budaya , masyarakat; (2) Mengembangkan gagasan dan konsepsi atau alternatif kebijakan atas hukum yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat dan melindungi hak asasi manusia; dan (3) Melakukan advokasi dalam berbagai bentuk bagi penenuhan hak-hak, kebebasan, dan kebutuhan masyarakat yang berkeadilan; Menyebarluaskan informasi berkenaan dengan gagasan, konsep, dan kebijakan atau hukum yang berwawasan hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan di tengah masyarakat luas.
http://www.elsam.or.id/index.php

Magister Management CSR Universitas Trisakti adalah pioneer di Indonesia yang menyelenggarakan program Strata-Dua (S2) dengan memberikan pendidikan filosofi yang benar mengenai CSR dilengkapi dengan kasus-kasus nyata CSR di Indonesia dengan mutu pendidikan standard internasional.
http://www.mmcsrusakti.org/

National Centre for Sustainability Reporting (NCSR) adalah lembaga yang berfungsi untuk mengembangkan standard dan meningkatkan kualitas laporan keberlanjutan, menegakkan tata kelola yang baik (good governance), menciptakan kepercayaan stakeholders, dan wadah untuk komunikasi, konsultasi, koordinasi serta usaha-usaha bersama lain yang diperlukan dalam “Manajemen Keberlanjutan” (Sustainability Management) sehingga tumbuh dunia usaha Indonesia yang sehat, berdaya saing tinggi, dan berkelanjutan (sustainable).
http://www.ncsr-id.org/

Pelangi Indonesia adalah lembaga penelitian mandiri yang mengembangkan pengetahuan isu lingkungan global untuk membentuk masyarakat yang mampu mengatur dan menjaga kualitas sumberdaya alam dan lingkungannya serta mencapai kesejahteraan sosial ekonomi yang berkeadilan dan demokratis.
http://www.pelangi.or.id/

Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) adalah adalah lembaga nirlaba dan mandiri yang dimaksudkan untuk memajukan kepentingan para pelaku filantropi. PFI dimaksudkan untuk memajukan kepentingan para pelaku filantropi, baik yang berasal dari sektor pemberi, pengelola/penyalur/perantara (intermediary), maupun penerima bantuan, atas dasar prinsip kemitraan, kesetaraan, keberagaman, keadilan, universalitas filantropi dan kebangsaan Indonesia.
http://www.filantropi.or.id/

Sawit Watch dimandatkan untuk melayani petani, buruh, dan masyarakat adat. Keadaan yang diinginkan di perkebunan kelapa sawit adalah keadilan ekologis dimana keadilan ekologis lebih mencerminkan, adanya relasi orang dengan lingkungannnya (ekologi-nya).
http://www.sawitwatch.or.id/

Telapak is association of NGO activists, business practitioners, academics, media affiliates and leaders of indigenous people; work with indigenous people, fishers and farmers of Indonesia towards sustainability, sovereignty, and intergrity.
http://www.telapak.org/

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) merupakan forum kelompok masyarakat sipil yang terdiri dari organisasi non-pemerintah (Ornop/NGO), Kelompok Pecinta Alam (KPA) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang didirikan pada tanggal 15 Oktober 1980 sebagai reaksi dan keprihatinan atas ketidakadilan dalam pengelolaan sumberdaya alam dan sumber-sumber kehidupan, sebagai akibat dari paradigma dan proses pembangunan yang tidak memihak keberlanjutan dan keadilan.
http://www.walhi.or.id/

Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) adalah organisasi nirlaba pengelola dana hibah mandiri yang memfasilitasi berbagai upaya pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan di Indonesia.
http://www.kehati.or.id/

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merupakan sebuah organisasi masyarakat yang bersifat nirlaba dan independen yang didirikan pada tanggal 11 Mei 1973. Keberadaan YLKI diarahkan pada usaha meningkatkan kepedulian kritis konsumen atas hak dan kewajibannya, dalam upaya melindungi dirinya sendiri, keluarga serta lingkungannya.
http://www.ylki.or.id/

Yayasan Pembangunan Berkelanjutan (YPB) was established in line with the spirit of Rio Summit 1992, which has commited to sustainable development. Sustainable development as a new direction of development has included the aspect of social justice and environmental sustainability as well as economic growth. The founders of YPB concidered that Indonesia needs to adapt sustainable development directions to insure that Indonesia will decent life to its people for the existing generation and the generation to come.
http://www.ypb.or.id/